KOMPAS.com
— Saat ini, jalan-jalan menuju obyek wisata padat merayap. Trus, beberapa ruas jalan di luar kota mengalami kepadatan antrean kendaraan yang cukup panjang. Bagi pengendara mobil, saat menghadapi antrean itu, mungkin saja mendadak indikator penunjuk suhu mesin meninggi alias mendekati tulisan "H". Sementara itu, mobil tak memiliki indikator berupa jarum. Mesin panas diberitahu lewat gambar "tiang dengan tiga garis di bagian atas dan di bawahnya seperti ada air" menyala merah.
Kalau sudah begitu, jangan paksakan mobil jalan karena bisa mengakibatkan mesin jebol. Nah, untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Pinggirkan mobil segera dan langsung matikan mesin.
2. Buka kap mesin kemudian putar kunci kontak ke posisi "ON". Perhatikan, apakah kipas elektrik berputar dengan normal atau mulai melemah.
3. Apabila ternyata kipas elektrik tidak bekerja, periksa sekring, thermoswitch, dan relay. Bila kendala sistem kelistrikan kipas tidak ditemui, maka langkah DARURAT adalah melepas soket kipas elektrik lalu menghubungkannya langsung ke kutub posisi (+) dan negatif (-) aki menggunakan kabel.
Perhatikan arah putaran kipas agar sesuai ketika kabel dalam kondisi normal. Bila kipas tidak berputar, berarti motor listrik rusak.
4. Perhatikan kebocoran yang mungkin terjadi pada mesin. Kalau Anda menggunakan radiator coolant, deteksi kebocoran akan semakin mudah karena cairan berwarna ini muda dilihat.
5. Kemungkinan kebocoran lain terjadi pada water pump, selang radiator, radiator, dan selang buntu.
6. Bila ada kebocoran, langkah DARURAT adalah dengan melepas tutup radiator. Ingat, jangan langsung. Lakukan perlahan-lahan sampai tekanan berkurang. Jika sudah terbuka, maka tambahkan air, tanpa ditutup, kemudian starter mesin.
Tidak langsung memasang tutup radiator bertujuan agar tekanan pada sistem tidak terlalu tinggi. Selanjutnya, bawa ke bengkel terdekat.
KATA-KATA mampu merubah segalanya... segalanya dapat dimulai dari kejernihan HATI... berbahagialah dg kebaikan hati kita... whenever wherever
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
My Blog List
About this blog
selalu awali harimu dengan senyum
live traffic
Sponsors
adsense link 728px X 15px
Tersesat di blog ini,
I live my life for you
99
Poll
Gostats -> 15 04 2010
Pages
Time
Bulan Bintang Matahari
Followers
Archive
-
▼
2010
(169)
-
▼
Januari
(112)
- MoU Microsoft
- Menjadi Entrepreneur
- life skill, kecakapan hidup
- tempat tinggal
- Keseharian kita
- cracker, hacker
- online
- Gaji: Hidup: Bekerja: Cinta
- Bisnis di Internet
- Pembayaran Lewat Internet
- otak
- Mengatur Waktu
- sinar penerang
- seputar rem
- Kurikulum dan Gaya Pendidikan Kita
- industri & pendidikan
- new jupiter series
- bongkar pasang motor
- seputar mesin motor
- ban kendaraan
- antena
- it/ti
- Teririt dan Tercepat
- stoner, rossi
- Bersama Yamaha sampai 2010
- oktan
- jarak dan bahan bakar
- bahan bakar
- mesin, engine
- Mesin "Overheat" ?
- Mesin Motor "Batuk-batuk"
- kreation
- kawasaki
- engine
- menyetir sendiri
- tips
- Active Steering
- Honda meluncurkan mobil konsep termurah
- Mobil Transmisi Otomatis
- Akses Facebook
- Bill Gates, Twitter
- Rizki yang Halal dan Haram
- rizqy
- kewajiban bekerja dan berusaha
- kehidupan, berjiwa hanif
- mlm, Multi Level Marketing
- Kesetiaan
- ruang bakar
- velg
- jupiter
- perjalanan jauh
- aki
- knalpot
- carburator
- seputar ban
- Nusantara
- system kendaraan
- busi
- ban
- 5 tahun Yamaha Jupiter-Z
- katup, klep
- cdi
- upgrade jupiter z
- kiprok
- Drat Busi Dol
- Roller Rocker Arm
- Mur Dan Baut
- Oktan 95
- Honda Blade 110R Vs Yamaha Jupiter-Z CW
- ceck & receck kendaraan
- Yamaha V-ixion Perpaduan CBR 1000 dan BMW 1000
- Motivasi
- Semangat | Motivation | Karya
- lintas: Gusdur
- imajinasi
- Perhiasan
- Avatar
- Gus Durku
- UN Masih Metode Terbaik
- Kiblat
- Pasar
- Resiko
- Honda
- Deposito
- Guru Bangsa
- Bicara sendiri
- Strawberry
- Angka 9
- TK, Play group
- Pbb
- Dpr
- Kehadiran
- Ongko 9 mengenang Gus Dur
- Ginkgo
- blue
- bibit, bobot, bebet
- TK, Play group
- Net
- SOLAR CELL
-
▼
Januari
(112)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar